Kamis, 21 Mei 2015

Senyuman Emak

“Efha, nanti klo udah lulus, mau kerja atau nikah?” tanyamu waktu itu.

Aku terdiam. “Kok nggak ada pilihan kuliahnya, Mak?”

Tentu, semua orang di ruangan itu tertawa terbahak-bahak.

Lalu kau ikut tertawa, baru menyadari bahwa zaman beranjak berubah, waktu terus berjalan dan pola pikir orang-orang berkembang. Berbeda dengan masamu, kuliah adalah hal yang lazim pada saat ini, bahkan suatu keharusan di mata masyarakat “beradab”.

Tapi sekilas aku bisa melihat percikan syukur di matamu. Mata yang sudut-sudutnya telah dihiasi keriput itu menyipit karena tawa, tapi binar yang terpancar dari matamu tak pernah lelah menunjukkan cerminan hati pemiliknya. Binar penuh rasa penerimaan yang tulus, dan rasa syukur yang ikhlas, sesuai namamu.

Qana’ah. Menerima.

“Yaa, yaudah klo mau kuliah dulu mah. Yang penting kuliah yang bener ya, Fha, biar jadi sukses. Emak mah doain terus,” katamu.

***

Entah mengapa, adegan itu yang terputar di kepalaku hari ini. Sejenak setelah aku menerima telepon dari ayahku.

“Fha, Emak sudah meninggal,” katanya. Sendu.

Innalillahi wa inna ilaihi rooji’uun.

Seperti rekaman yang terputar otomatis, adegan-adegan saat kau ada di depanku berkelebat di kepala. Saat aku kecil, saat ayah dan ibu sibuk bekerja, kau yang mengejar-ngejarku seharian, meladeni semangat anak kecil kurang ajar yang kabur dari neneknya karena tak mau disuapi. Saat aku sakit tifus, kau yang mengusap-usapi kepalaku, membujukku agar aku tertidur, menenangkan aku jika aku meronta karena nyeri kesakitan. Saat aku beranjak dewasa, kau yang tak pernah bosan menyambutku saat aku mengunjungimu. Bahkan saat aku semakin jarang datang, semakin jarang mencium punggung tanganmu, semakin malas menemuimu hingga harus diingatkan oleh orangtuaku sendiri.

Tapi ada satu hal, senyum itu tetap sama. Senyumanmu yang tulus dan lebar hingga membuat matamu menyipit. Senyum penuh rasa syukur yang dihiasi dengan binar mata penuh rasa penerimaan.

Semoga kau akan tetap tersenyum di atas sana, Mak.

Al-fatihah...


Gambar di ambil di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar